Find Us On Facebook

BREAKING

14 November 2007

Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon) Di luncurkan

Pada hari Kamis, 18 Oktober 2007 yang lalu Ubuntu telah merelease versi terbaru distro besutannya Ubuntu 7.10. Versi kali ini diberi nama Gutsy Gibbon. Hal - hal baru pada versi Gutsy kali ini diantaranya manajemen sumber daya energi yang lebih baik, penyempurnaan terhadap kompatibilitas hardware, konfigurasi printer yang makin mudah, serta banyak permak pada tampilan sehingga kian menarik.

UbuntuGambar 01.
Screenshot desktop dari Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon Live CD


Ubuntu 7.10 mengusung Gnome Desktop versi termutakhir 2.20, sementara untuk Kubuntu 7.10 masih memakai KDE 3.5.7. Meski demikian disediakan juga paket KDE 4.0 rc2 untuk instalasi optional. Hal ini sebagai akibat mundurnya jadwal rilis KDE 4.0.

Pada distribusi ini, Ubuntu untuk pertama kalinya menyertakan secara default window managernya gabungan proyek Compiz dan Beryl. Compiz dan Beryl menjadi default pada sistem yang terdeteksi sudah mendukungnya. Sementara pada sistem yang terdeteksi belum mendukung, otomatis hanya window manager Metacity yang diaktifkan.

Untuk urusan kernel, Ubuntu 7.10 menggunakan kernel 2.6.22. Grafis menggunakan Xorg 7.3 dengan dukungan perangkat keras graphic dan monitor yang lebih baik.Untuk konsumsi tenaga Ubuntu menjanjikan rilis kali ini lebih hemat energi. Mampu mengurangi penggunakan prosesor dan panas yang ujungnya menghemat energi, khususnya pada batere laptop.
Meski bukan fitur baru, fitur restricted manager yang ada kini juga lebih disempurnakan. Perlu diketahui fitur ini digunakan untuk memasang / melepas driver hardware proprietary. Pada rilis kali ini Beberapa driver untuk winmodem ikut disertakan didalamnya.

Beberapa fitur kecil yang tak kalah menarik adalah fitur pada browser firefox yang telah terintegrasi kemampuan untuk menginstall flash player secara otomatis. Pada saat pengguna membuka situs dengan flash untuk pertama kalinya maka akan ditampilkan apakah akan menginstall player dari Adobe, atau mencoba Gnash Flash Player. Gnash merupakan plugin versi GNU dari pemutar file flash.

Untuk support, Ubuntu memberikan dukungan selama 2 tahun hingga 2009 pada Gutsy.
Versi Ubuntu berikutnya 8.04 sendiri sudah dipersiapkan sejak sekarang. Ubuntu 8.04 diberi nama Hardy Heron, dan dijadwalkan rilis pada bulan April tahun depan. Hardy direncanakan akan memiliki dukungan jangka panjang (long term support) selama 3 tahun untuk desktop, dan 5 tahun pada server.

Bagaimana? Anda tertarik mencobanya? Silahkan unduh dari sini, pesan di shipit, atau bagi Anda di Indonesia yang ingin cepat dan “malas” download bisa memperolehnya disini.

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.

1 komentar:

 
Copyright © 2013 Blog Komputer Internet dan Motivasi
Design by FBTemplates | BTT