Find Us On Facebook

BREAKING

03 Juni 2008

Cyber Attack!

Setidaknya ada tiga jenis serangan cyber generasi baru yang akan mengancam pengguna internet. Apa saja serangan itu?

Serangan-serangan generasi baru tersebut diramalkan oleh lembaga analis terkemuka Gartner seperti dikutip detikINET dari Dark Reading, Selasa (3/6/2008). Peluang serangan cyber itu terjadi karena makin banyaknya penggunaan teknologi populer di lingkungan korporat.

Berikut adalah jenis-jenis serangan cyber generasi baru yang diramalkan Gartner:

1. Serangan pada penyedia jasa piranti lunak. Saat ini makin banyak perusahaan yang memanfaatkan piranti lunak dalam bentuk service/jasa yang disediakan pihak ketiga melalui jaringan internet. Penjahat cyber pun sudah mulai menargetkan serangannya ada penyedia jasa semacam ini.

2. Serangan via jaringan sosial. Serangan tipe ini akan marak dengan makin lekatnya pekerja pada penggunaan situs jejaring sosial. Penyerang akan berpura-pura menjadi 'teman' dalam Facebook atau Friendster, kemudian ia akan [...]menjebak korban. Contoh cikal bakal kasus ini adalah saat halaman MySpace Alicia Keys disusupi oleh pembuat virus.

3. Serangan via widget dan gadget. Penggunaan aplikasi mini (widgets), yang banyak didapatkan pada situs jaringan sosial, diramalkan akan membuka peluang serangan cyber ini. Penjahat cyber akan menyusupi widget tertentu yang menarik bagi korban namun diam-diam mengandung ancaman.

Selain tiga serangan itu, Gartner juga meramalkan makin banyaknya serangan pada lingkungan server virtual dan jaringan nirkabel. "Meramalkan serangan itu menyenangkan --sama seperti meramalkan cuaca, dan kadang sama tidak akuratnya dengan ramalan cuaca. Tapi intinya, akan ada perubahan 'iklim' dan kita harus memahami itu," ujar John Pescatore, wakil presiden dan peneliti senior di Gartner.
Technorati Tags: , ,

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.

1 komentar:

 
Copyright © 2013 Blog Komputer Internet dan Motivasi
Design by FBTemplates | BTT