Find Us On Facebook

BREAKING

23 Desember 2010

Desktop Environtment (DE) Linux

Sebuah desktop environment (DE) umumnya merujuk ke gaya grafis antarmuka pengguna GUI (Graphical User Interface) yang mememperlihatkan tampilan di layar komputer modern.Desktop Eenvirontment adalah alternatif yang paling populer sebagai pengganti antarmuka baris perintah CLI (command line interface) yang saat ini umumnya digunakan terbatas oleh para pakar komputer. Sebuah DE biasanya terdiri dari ikon, sistem jendela (window), toolbar, folder, latar belakang (wallpaper), dan desktop widgets.

Sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X masing-masing mempunyai DE tersendiri. UNIX/Linux juga mempunyai berbagai DE, diantaranya yang terpopuler adalah GNOME dan KDE.

GNOME

GNOME adalah desktop resmi dari GNOME Project dan pengucapan yang benar adalah /gəˈnəʊm/. Nama ini diciptakan sebagai akronim dari GNU Network Object Model Environment, tapi penggunaan nama tersebut sekarang dianggap kuno.

DE Gnome, blog komputerProyek GNOME adalah sebuah proyek yang tujuan awalnya untuk menciptakan suatu desktop environment komputer yang mudah digunakan, dari software yang dianggap free menurut Free Software Foundation. Saat ini GNOME merupakan sebuah lingkungan Desktop yang paling banyak digunakan oleh pengguna Linux.

Ciri khas Gnome adalah Taskbar-nya secara default berada diatas, namun letak taskbar ini bisa diatur kembali sesuai keingian. Taskbar Gnome terdiri atas Application, Place, dan System.

KDE
KDE (K Desktop Environment) adalah lingkungan desktop (desktop environment) dan platform pengembangan aplikasi yang dibangun dengan toolkit Qt dari Trolltech. KDE dapat ditemui pada berbagai sistem Unix, termasuk Linux, BSD, dan Solaris. KDE juga tersedia untuk Mac OS X dengan bantuan lapisan X11 dan untuk Microsoft Windows dengan bantuan Cygwin.

DE KDE, blog komputerKeunggulan utama KDE adalah kemudahan pemakaian, fleksibilitas, portabitilis, dan kekayaan fitur. KDE dikembangkan sejalan dengan KDevelop, paket pengembangan perangkat lunak, dan KOffice, paket aplikasi office.

Huruf "K" mulanya adalah untuk "Kool", tetapi selanjutnya diganti menjadi "K" saja, yang berarti "Aksara pertama sebelum 'L' (untuk Linux) dalam alfabet Latin."

XFCE
Nama "Xfce" awalnya singkatan dari "XForms Common Environment" (lingkungan desktop umum berbasis perangkat bantu Xform), DE XFCE, blog komputer tetapi kini Xfce telah ditulis ulang dua kali dan tidak lagi menggunakan perangkat bantu tersebut. Namanya tetap dipakai, namun tidak lagi dengan huruf kapital "XFCE", tetapi sebagai "Xfce". Para pengembangnya menyatakan bahwa nama tersebut bukanlah singkatan.

Selain Desktop Environtment yang diatas masih ada lagi seperti :
EDE, Étoilé, Enlightenment, Window Maker, XFast, Workbench, Mac OS, Windows

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.

1 komentar:

  1. hmm, ternyata begitu yah..
    nice info sob..
    =D

    BalasHapus

 
Copyright © 2013 Blog Komputer Internet dan Motivasi
Design by FBTemplates | BTT