Find Us On Facebook

BREAKING

30 Desember 2011

Tiga Langkah Menghindari “Dead Pixel”

Layar Liquid Crystal Display (LCD) menjadi sesuatu yang makin dekat dengan kehidupan manusia. Bukan lagi hanya digunakan sebagai layar kalkulator, jam tangan, ponsel, atau laptop, teknologi yang menggunakan sejenis kristal cair ini sekarang digunakan pula untuk televisi dan layar monitor komputer.

Kualitas tampilan yang baik serta harga yang semakin terjangkau membuat orang rela merogoh kocek untuk menggunakan perangkat yang mengusung teknologi tersebut. Demi menjaga kondisi perangkat tersebut, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari layar LCD dari kerusakan seperti dead pixel.

Dead pixel adalah suatu kondisi ketika pada layar LCD terdapat pixel yang mati sehingga tidak bisa menampilkan warna-warna tertentu. Pada laptop, salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan memastikan layar monitor sudah bersih dari segala kotoran dan debu. Kemudian pilihlah tampilan desktop tanpa background dengan warna hitam dan perhatikan dengan seksama di layar tersebut apakah ada titik berwarna merah atau tidak.

Untuk menghilangkan titik ini, ada yang menyarankan untuk mematikan laptop dan menyalakannya kembali kemudian sambil menekan lembut letak dead pixel tadi. Namun, cara tersebut tidak dianjurkan karena dapat memperparah kerusakan. Lebih baik membawa layar tersebut ke tempat servis resmi untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Tidak ada hal khusus yang dapat dilakukan untuk menghindari masalah ini. Akan tetapi, dengan merawat dan mengikuti aturan yang tertera pada buku petunjuk manual, kemungkinan munculnya dead pixel tadi bisa diminimalkan. Tiga hal yang dapat dilakukan adalah :
  1. Tidak menekan layar dengan cara apapun, baik dengan jari maupun benda lain. Untuk laptop, jangan meletakkan benda apapun antara keyboard dan layar saat laptop dilipat. Selain bisa memicunya dead pixel, hal ini juga dapat menggores layar.
  2. Saat membersihkan, cobalah untuk menggunakan blower terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar layar tidak tersentuh tangan. Namun, kalau ada kotoran yang membandel, pastikan anda menggunakan kain yang benar-benar lembut.
  3. Menghindari layar dari segala macam benturan dan berada di dalam suhu yang terlampau ekstrem.

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.

1 komentar:

 
Copyright © 2013 Blog Komputer Internet dan Motivasi
Design by FBTemplates | BTT