Find Us On Facebook

BREAKING

20 Agustus 2009

Menjaga Spirit Ramadan

Menjaga Spirit RamadanMarhaban ya Ramadhan...Putaran waktu membawa umat kembali kepada bulan yang ditunggu-tunggu, bulan Ramadan. Bulan penuh ujian dan sarat ganjaran. Inilah bulan saat melakukan puasa selayaknya jangan hanya sebagai ritual semata, tapi menjadi titik penting bagi peningkatan kualitas diri.

Marhaban ya Ramadhan...Berpuasa kala Ramadan merupakan ujian penuh cobaan. Ajang umat menempa, memelihara, mendapatkan, dan memberi berbagai macam kebaikan dan kebajikan. Ramadan menjadi wadah bagi umat untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Di sinilah umat ditempa bagaimana mengendalikan perilaku dan hawa nafsu untuk mencapai ketakwaan.

Ujian itu tidak sebatas menahan lapar dan haus. Seluruh panca indra manusia pun diwajibkan berpuasa. Dan, terutama, hati manusia. Di hati manusia itulah semua pengendalian diri bermuara, baik dalam konteks individual maupun sosial. Karena itu, Ramadan bermakna kesabaran.

Dalam konteks puasa, kesabaran itu bisa berwujud kedisiplinan dan kepatuhan. Bukan hanya menyangkut kaidah-kaidah ajaran agama, melainkan juga kaidah-kaidah sosial. Dengan demikian, umat wajib menjalankan kaidah ajaran agama sekaligus tidak mengabaikan kaidah-kaidah hukum yang berlaku. Itu sebabnya, kebiasaan sekelompok massa melakukan sweeping ke sejumlah tempat hiburan tidak pada tempatnya dilakukan. Domain itu ada pada aparat negara.

Marhaban ya Ramadhan...Ramadan bermakna pula bahwa puasa untuk semua. Puasa tidak memandang status sosial. Baik rakyat jelata maupun pejabat negara wajib hukumnya berpuasa. Dalam konteks kebangsaan, puasa bagi pejabat negara menjadi sebuah keutamaan. Sebab, jarak antara pejabat negara dan warga biasa semakin menganga. Pejabat negara kian kaya, sedangkan warga kebanyakan terus dililit oleh kemiskinan.

Sudah bukan cerita baru, banyak pejabat negara di semua tingkatan menjadi kaya karena tanpa malu mengeruk uang negara. Uang yang semestinya untuk menyejahterakan rakyat diambil guna memperkaya diri. Yang memprihatinkan ada pejabat negara yang dengan tega menyandera anggaran. Karena itu, pembangunan tidak bisa dilakukan. Buntut-buntutnya, rakyat kecil juga yang harus merasakan akibatnya.

Ramadan juga bermakna bulan kebaikan. Orang berlomba menunjukkan kebaikan terhadap sesama. Itu dilakukan karena orang berharap memperoleh ganjaran dari Sang Pencipta.
Puasa memang ajang untuk menghasilkan pribadi-pribadi yang sabar, disiplin, jujur, bertenggang rasa, dan selalu mengupayakan hasil yang terbaik.

Karena itu, menjaga spirit ramadhan menjadi sebuah keharusan. Dan, akan lebih bermakna bila spirit puasa itu tidak hanya ada di kala Ramadan, tapi justru sepanjang masa. Selamat menunaikan ibadah puasa.

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.

45 komentar:

  1. artikel yang cukup untuk memotivasikan diri.
    semoga kita sama-sama mendapat rahmat hasil dari ibadah puasa.

    BalasHapus
  2. thanks atas siraman rohaninya sob...

    semakin semangat menjalani puasa besok :D

    BalasHapus
  3. Thx bro atas artikel religi ini,,,

    semoga saya bisa menjalani bulan puasa dengan kusuk. Marhaban ya Ramadhan

    BalasHapus
  4. Bismillah semoga .... nech hari ROMADHAN bisa KUsyuk amien....

    BalasHapus
  5. Siippsss.
    ya, semoga juga kita tidak hanya mndapat LAPAR N HAUSSS setelah ramadhan ini. aamiin

    MF LAHIR, BATHINNN JUGE YEEE!!! :D

    BalasHapus
  6. ini dia yang wan carii, semoga bulan sekarang godaannya ngga terlalu berat, marhaban ya ramadhan....

    BalasHapus
  7. Gema bulan Ramadhan akan tiba,Hidup Hanya se (x), Dosa jgn d (+), Hidup hrs ber (:),Amal jgn di (-)
    Mati jd (?), Bersihkan Hati,Sucikan Jiwa dlm do'a & Sedekah Sambut Fajar Ramadhan dlm Jalinan Tali Silaturahmi,

    BalasHapus
  8. marhaban ya ramadhan... mohon maaf lahir dan batin..

    BalasHapus
  9. marhaban ya ramadhan. bulan ramadhan tinggal hitungan jam, mari kita siapkan diri untuk beribadah puasa yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

    BalasHapus
  10. dengan mempersiapkan diri menghadapi bulan suci sama dengan mempersiapkan diri menuju medan peperangan diri. Selamat berpuasa sobat blogger

    BalasHapus
  11. We Always waiting RAMADHAN...HAPPY RAMADHAN

    BalasHapus
  12. mudah-mudahan amal dibulan Ramadhan diterima ya...
    Amin...

    BalasHapus
  13. Semoga diberi kemudahan dalam burpuasa

    BalasHapus
  14. @all:
    marhaban ya ramadhan...terimakasih sudah menyematkan komentarnya. semoga puasa tahun ini, akan menempa kita semua menjadi pribadi-pribadi yang lebih baik. selamat menunaikan ibadah puasa.

    BalasHapus
  15. @all:
    marhaban ya ramadhan...terimakasih sudah menyematkan komentarnya. semoga puasa tahun ini, akan menempa kita semua menjadi pribadi-pribadi yang lebih baik. selamat menunaikan ibadah puasa.

    BalasHapus
  16. Marhaban ya romadhon...moga kita semua diberi kekuatan untuk menjalani Ibadah di bulan suci ini.. amiiin

    mohon maaf lahir dan batin.

    BalasHapus
  17. Besok udah mau puasa nih , pas bener bro

    BalasHapus
  18. Selamat Berpuasa untuk teman2 semua

    BalasHapus
  19. mohon maaf lahir batin yah :D

    BalasHapus
  20. met puasa yaaaa
    semoga puasa kita lancar jaya yaaa
    aminnn

    BalasHapus
  21. Kalo puasa bulan kmrin blm di bayar hukumnya haram ya??

    BalasHapus
  22. Marhaban Ya Ramadhan..
    Selamat berpuasa dengan benar dan semoga di awal syawal kita telah kembali Fitrah sebagai modal untuk langkah hidup kemudian

    BalasHapus
  23. iyah tuh bro,kita wajib menjaga uang eh spirit untuk menjalankan satu bulan yang penuh berkah ini

    BalasHapus
  24. Happy ramadhan sob...
    menjaga spirit dengan minum vitamin C
    itu kl saya lho...
    spirit batiniah maksudnya :D

    BalasHapus
  25. Bacaan yang menambah Ilmu..., sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  26. Marhaban y ramadhan sob!!
    Met Berpuasa y!!

    BalasHapus
  27. Selamat menunaikan ibadah puasa ya ..
    semoga spirit kita terjaga dengan membaca tips pada blog ini..

    BalasHapus
  28. mudah-mudahan amal kita selama ramadhan ditrima oleh Alloh SWT...
    Sukses bro...

    BalasHapus
  29. ramadhan identik dengan kebaikan, tapi jgn cuma pada bulan ramadhan aja kita berlomba berbuat baik. berbuat baiklah pada setiap bulan, setiap hari bahkan setiap detik..., cukup mudah.., hanya dengan mengikuti perintah_nya & menjauhi larangannya... semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  30. artikelnya menarik sekali, memang itulah yang harus kita lakukan dalam ramdhan ini.

    BalasHapus
  31. artikel yang bermanfaat. semoga ramadlan kali ini gak bolong. amien...

    BalasHapus
  32. Selamat berpuasa semoga ibadah diterima oleh Allah swt.

    BalasHapus
  33. selamat berpuasa, mohon maaf atas segala salah dan khilaf dan telat berkunjung balik (he3x...)

    BalasHapus
  34. MARHABAN YAA RAMAHDAN. MOHON MAAF LAHIR BATIN

    BalasHapus
  35. ya setuju..... semoga ramadhan kemarin tidak terulang kembali sekarang.. sekarnag ramadahan yang penuh semangat....harus lebih dekat dan lebih nikmat...

    BalasHapus
  36. satu gambaran yang bisa memotifasi diri untuk bisa menjalani kehidupan yang lebih baik,dan selalu ikhlas dalam menjalani apa ynag telah di gariskan,selalu tawakal,selali ingat dari mana asal kita,salam hangat


    www.wantduit.blogspot.com

    BalasHapus
  37. mari jadikan bulan suci ini sebagai wadah perbaiki diri agar kita bisa menjadi manusia dan muslim yang baik,salam hangat


    www.wantduit.blogspot.com

    BalasHapus
  38. dalam bulan yang suci ini saya harap kita semua saling memaafkan

    BalasHapus

 
Copyright © 2013 Blog Komputer Internet dan Motivasi
Design by FBTemplates | BTT