Find Us On Facebook

BREAKING

15 April 2008

Dunia internet ciptakan Narsisme, benarkah?

NarsismeDengan begitu pesatnya kemajuan teknologi terutama Internet, ternyata memiliki dampak yang sangat berarti bagi kemajuan negeri ini. Banyak sekali manfaat yang bermanfaat yang diperoleh dari penggunaan internet itu sendiri, dan tidak sedikit pula dampak yang di timbulkan akibat dari penyalahgunaan media ini. Salah satunya masalah Narsisme.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada era global saat ini, salah satunya internet, yang tersaji secara luas (broadband) ditengarai dapat memicu terciptanya sub-sub kultur baru di masyarakat. Kalangan peminat atau komunitas tertentu bergabung dalam wadah komunikasi tertentu yang dapat difasilitasi internet dan meluas menjadi subkultur lain, salah satunya ialah budaya tampil.

Pertanyaan selanjutnta :
Apa sih narsisme itu?
Apa dampaknya?
Ciri-ciri dari narsis itu sendiri apa!

Menurut Spencer A Rathus dan Jeffrey S. Nevid menyebutkan dalam bukunya, Abnormal Psychology (2000) bahwa orang yang Narcissistic memandang dirinya dengan cara yang berlebihan. Mereka senang sekali menyombongkan dirinya dan berharap orang lain memberikan pujian.

Sedangkan pengertian lain menyebutkan bahwa Narsisme adalah perasaan cinta terhadap diri sendiri yang berlebihan. Orang yang narsisme tidak selalu percaya diri di depan umum, namun bisa juga ditunjukkan dengan suka memfoto diri sendiri. Biasanya orang yang narsisme adalah seorang model. karena mereka sering sekali mendapatkan pujian dan itu menyebabkan mereka merasa percaya diri dan akhirnya berlebihan.(source : Wikipedia)

Tanda tanda narsis antara lain : (1) merasa dirinya sangat penting dan ingin dikenal oleh orang lain (2) merasa diri unik dan istimewa (3) suka dipuji dan jika perlu memuji diri sendiri dan lain-lain yang memiliki kecenderungan yang sama. Ada dua manfaat dari pesatnya teknologi informasi. Salah satunya, exposure culture atau budaya narsis atau narsisme.

Lihat saja banyaknya situs penyedia jasa ini macam MySpace, friendster, Weblog, hingga YouTube. Dan masih banyak yang lainnya. Dengan media yang saya sebutkan tadi para pengguna fasilitas tersebut akan memperoleh kepuasan tertentu dengan cara menunjukan gaya hidupnya.Terlepas dari kenyataan tersebut setidaknya kita menyadari segala kekurangan yang kita memiliki dan berusaha memperbaiki untuk menuju yang lebih baik. Gunakan fasilitas internet sesuai dengan porsinya, tanpa mengurangi manfaat yang kita dapatkan.[dari berbagai sumber]

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.

9 komentar:

  1. Narsis, mirip dengan ria ya....[url=http://emoticonizer.info][img]http://emoticonizer.info/emotionhand/thinking3.gif[/img][/url]

    BalasHapus
  2. yah... ga jadi pertamaX deh...

    narsis gapapa dah yang penting spirit of sharing :D

    hehehe

    BalasHapus
  3. wah keren sob. narsisme...
    boleh tahan juga postingannya..
    bermanfaat banget...

    BalasHapus
  4. nice posting sob..

    aku baru tahu narsis itu sprti apa...hahaha

    BalasHapus
  5. koment apa yah o h narcis jelek apa cakep yah

    BalasHapus
  6. Menyadari kekurangan yang kita miliki dan berusaha untuk lebih baik, itu bagus sob, thank maju terus blogger indonesia

    BalasHapus
  7. @no 1 - 6
    terimakasih sudah mampir dan meninggalkan komentarnya. sukses buat anda semua.

    BalasHapus
  8. Narsis tuh kalo dirangkai dengan kata-kata pengertiannya jadi begitu ya?
    memang iya, Tapi kadang narsis juga bisa buat nambah percaya diri lho..
    itu narsis kan tentang orang, kalo tulisan yang narsis ada gak ya?
    Butik Online

    BalasHapus

 
Copyright © 2013 Blog Komputer Internet dan Motivasi
Design by FBTemplates | BTT