Find Us On Facebook

BREAKING

13 September 2009

Perlukah SEO untuk Blog ?

Peranan SEOPerlukah SEO untuk Blog? Paradigma awal nge-blog hanya sekedar mempublikasikan tulisan-tulisan kepada publik lewat media internet. Ada banyak flatform yang memberikan fasilitas nge-blog. Contohnya Blogspot dan WordPres. Dengan cara ini orang tidak dipusingkan dengan membangun website yang sulit.

Dengan semakin banyaknya peminat blog, maka muncul paradigma baru. Orang ingin posisi blog atau website-nya berada dihalaman pertama search engine. Dengan alasan untuk menarik pengunjung. Alasan yang sama juga untuk keperluan bisnis online.

Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

SEO dan Blogger adalah dua dimensi yang berbeda. Seperti halnya uang logam. Ia akan bernilai jika memiliki kedua sisinya. Sama halnya dengan blog dan website. Bagaimana anda memandang ini ? Perlukah SEO untuk blog?

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.

44 komentar:

  1. Buat saya yang masih pemula, SEO itu wajib,, tanpa SEO artikel gak akan ada apa2 nya dimata search engine.. SEO dikenal juga untuk pendogkrak popularitas blog...

    Salam Belajar SEO

    BalasHapus
  2. tergantung kita menggunakan blog sebagai apa sobt... kalau untuk bisnis,, itu sangat perlu...
    tapi kalau hanya untuk catatan harian.... saya rasa hanya sebagaio plengkap nikmatnya ngeblog....
    hehehe,,, salam Akrab dari Blogger Pekanbaru

    BalasHapus
  3. ya menurut saya SEO adalah bagian tak terpisahkan dari seorang blogger mania, karena SEO merupakan ukuran kesuksesan bagi mereka semua...

    BalasHapus
  4. Tergantung kebutuhan sih...
    Tapi kalau pribadi saya... kayaknya saya perlu juga yang namanya SEO... sekalian belajar... yaaahhh kalau dah paham mungkin sekalian ngais rejeki hehehehe
    Artikelnya GOOD

    BalasHapus
  5. sepertinya komentarnya pada sama...
    semua tergantung kebutuhan.
    kalau untuk bisnis sih perlu seo yg mantab...
    tapi kalo hanya tuk ber blogging ria dan cari recehan...ya..menyesuaikan ajah..

    BalasHapus
  6. ehm..banyak komentar yang intinya sama tapi kalo yang beda he..he...jelas aja memang aq ga ngerti betul apa itu SEO sio atau ose he..he...but its can be share for me is new blogger hiks..hiks...ketauan nich...thnxs ya...

    BalasHapus
  7. tergantung tujuan dia ngeblog apa, klo untuk monetize tentu SEO mutlak diperlukan...tp klo nyuman blog pribadi sekedar hobby, ga mikir datangin duit...SEO bisa di pake bisa jg ngga....SEO itu suatu investasi sebenarnya...dlm artian bersusah susah dl, brsenang senang kmdian...di kemudian hr tinggal ongkang2 nikmatin hasil...paling hanya optimasi blog aja...kaya posting artikel

    BalasHapus
  8. saya pikir sih, mungkin sangat butuh ya, apa lagi yang memburu dolar... itu wajiiibb ...
    salam ya dari newbie. yuk mampir ke blog sederhana saya. bawa sama komen nya haha :D
    [info ternak]

    BalasHapus
  9. kalo ngeblog sekedar ingin menuangkan ide melalui media internet tanpa tujuan, mungkin tidak perlu SEO. tapi, saat ini ngeblog sudah menjadi tren bisnis online. dan jika tujuannya itu, SEo sangatlah penting. karena, jika berhasil teroptimasi baik di peringkat google, pengunjung akan semaikn banyak. dan itu artinya peluang untuk menjadikan blognya menghasilkan.

    :-)

    BalasHapus
  10. masukan dari teman2 yg berkomentar boleh juga.
    semua tergantung tujuan kita ngeblog.

    BalasHapus
  11. SEO dan ngeblog saling bedampingan jadi klo salah satu itu nda ada, seperti ada yang kurang

    BalasHapus
  12. saya rasa komentar-komentar diatas patut diacungi jempol. komentar yang sangat bagus dan membangun. bisa membuka wawasan pikiran. bukan sekedar "nice post" terimakasih banyak atas komentar yg tlah diberikan.

    BalasHapus
  13. kalo aku sih sebagai pemula nggak terlalu pusing dengan SEO
    ngeblog just for fun
    mencari persahabatan

    BalasHapus
  14. Seo tanpa blog ?........ apa yang mau di Soe-kan

    Blog Tanpa Seo ?....... waduh apa ya?????

    BalasHapus
  15. percuma dong kita nulis artikel dr ide kita sendiri namun cuman kita yang menikmatinya, kita butuh pengunjung yg banyak sob dan untuk itu SEO sangat diperlukan untuk mendatangkan visitor sebanyak-banyaknya. Anda akan merasa bangga dan sangat dihargai ketika banyak yg datang ke blog kita dan kemudian mengapresiasi tulisan kita.
    Walaupun cukup dgn blogwalking atau link exchange utk mendatangkan visitor, tenaga dan waktu anda akan tersita banyak. Namun dgn SEO visitor akan berkunjung tiap harinya, tiap bulannya, tiap tahunnya, dan mungkin akan abadi. Itu jika nada mampu menerapkan SEO seoptimal mungkin di blog anda.

    teknik SEO juga akan sangat diperlukan bila ikutan kontes SEO,hihih kebetulan ane lagi ikutan kontes SEO Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

    BalasHapus
  16. Optimasi seo untuk blog? Sangat diperlukan. Bisa kita lihat blog tanpa optimasi. Nyaris tanpa kunjungan yang berasal dari mesin pencari seperti google.
    Jadi sebuah blog memang harus dioptimasi, meskipun gw tidak begitu peduli dengan hal ini

    thanks sob tlah berbagi

    BalasHapus
  17. @Pancallok
    benar juga. design blog yang dinamis, content yang bagus-bagus, kalo nggak ada pengunjungnya percuma. ada yg bilang tergantung tujuannya(SEO).. ehm.. kita lihat gimana komentar selanjutnya..

    BalasHapus
  18. @Mengembalikan jati diri bangsa
    saya sangat setuju dengan komentar anda pada baris pertama. diperlukan trik SEO untuk menarik pengunjung. nah, gimana dengan pernyataan selanjutnya "Jadi sebuah blog memang harus dioptimasi, meskipun gw tidak begitu peduli dengan hal ini" --> saya hargai hal ini, setiap orang memiliki pendapat dan pandangan yg berbeda.

    BalasHapus
  19. berhubung saya masih baru..,
    belum paham apa itu SEO...,

    jadi belum bisa kasih komentar apa-apa..,

    BalasHapus
  20. iya dulu saya gak paham SEO sekarang jadi ngiler

    BalasHapus
  21. SEO tu apa siy?, trus, sebenernya apa yang dilakukan dalam SEO itu?, Shin-kun sering denger istilah SEO dan teori2 tentang SEO itu, ada yang ngebahas masalah keywordlah, high paying keyword, dll, tapi ya teuteup gak paham tuh, jadi ya yang Shin-kun lakuin sekarang ya hanya ngeblog dan ngeblog ajah, kalo bisa dapet duit ya syukuuur, kalo gak ya yang penting postingan Shin-kun ada yang baca dan ada yang komen, hehehe...

    Ato, sebenernya, kita sudah menjalankan SEO tanpa kita sendiri menyadarinya?, who knows... :p

    BalasHapus
  22. @shin-kun
    mengalir begitu saja ya.. dengan kata lain SEO natural.. why not..? komentar yang berbeda dari yg lainnya. semakin beragam pandangan ttg SEO, semakin luas pandangan kita ttg SEO.

    BalasHapus
  23. waoww... makasih atas infonya ya kawan. update terus ya kawan.

    BalasHapus
  24. SEO sangat lah perlu untuk sebuah blog,demi meningkatkan rank kita ya tho??

    BalasHapus
  25. makasih makasih dah mau bagi bagi tips....

    http://atombloggers.blogspot.com/

    BalasHapus
  26. kata-kata teman-teman benar semunya....

    nice post deh....

    BalasHapus
  27. seo amat penting bg ya ingin traffic orgin :)

    BalasHapus
  28. wah aku ga pernah mikirin SEO aku masih bingung tentang perSEOan

    masih harus belahjar banyak nich

    BalasHapus
  29. duh..blog gw belum di kasih seo niy...
    Pantesan ajah ga pernah masuk google serps ketika mengetikkan keyword yang ada dipostingan gw

    salam kenal sob

    BalasHapus
  30. artkel di atas sangat bagus sekali dan tepat sasaran!

    saya pribadi sangat menyukai tehnik SEO sederhana dan menggunakan blogspot sebagai medianya. ternyata cukup menjanjikan karena kalo diterapkan di Google Adsense pun setidaknya 4 digit per bulan bisa diraih. at least ya.

    So, apakah SEO untuk blog perlu? sangat perlu! alasannya: trafik yang meledak agar artikel kita dibaca jutaan orang (bombastis) dan profit sebagai tujuan ngeblog pada umumnya :)

    Blog Untuk SEO

    BalasHapus
  31. Perlu gak perlu deh kalau kata saya tapi karena kita mencari ilmu ya gak salah kalau di terapin deh

    BalasHapus
  32. semua blogger yg pake aplikasi web cms khusus blogger, spt blogspot ini ato wordpress, pasti ada fitur buat SEO. Coz teknik ini penting buat search engine, kecuali klo ada blogger yg ga mau diindex oleh search engine sama skali.
    Hanya perkaranya, banyak org yg ga begitu maksimal menggunakannya. Ada banyak faktor tuk itu.

    BalasHapus
  33. ya perlu ga perlu sih mas.Tapi kalo buat newbie kayak saya ini uhhhh susah nian mas SEO itu

    BalasHapus
  34. @facebook hacker
    sangat dimengerti bahwa SEO itu susah-susah gampang. susahnya kita nggak bisa instan. mesti latihan. perlu waktu yg panjang. gampangnya, kalo sudah terbiasa menerapkan hal-hal kecil yg berkaitan dgn SEO. seperti membuat link dalam artikel. saya juga masih cupu. he..he..

    @cms bisnis
    setuju sekali. para blogger hanya tertuju pada peruntukkannya atw tujuannya. coba baca komentar-komentar diatas (sebelumnya) pendapatnya beragam. saya hargai itu. thank atas komentar yg diberikan.

    BalasHapus
  35. jangan lupa dengan ukuran page blog,jangan asal memberikan fitur2.Karena fitu2 itu sendiri banyak menghabiskan size di blog.Coba cek di SEOcentro.com bagian meta tag analyzer,disana bisa ngecek seberapa bagus blog di SEO dengan pengoptimasian yang nggk ngotot,kalo blog ringan kand banyak narik pengunjung tuh...selain itu juga divalidasi,biar nggk banyak yg error...
    SEO itu banyak banget manfaatnya deh pokoknya.Bisa juga buat kontes,hihihi...saya juga lagi belajar SEO neeh makanya tertarik yg SEO2an...hihihi....dukung saya ya di Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

    BalasHapus
  36. @ardi33
    masukkan yang bagus sekali. ukuran blog memang memiliki peran penting. btw, saya juga pake SEOcentro untuk menganalisa blog ini. baik keyword/description-nya. kalo bisa 100% match dengan konten blog. tp susah,,perlu banyak belajar.

    BalasHapus
  37. perlu ga perlu euy
    kalo mo bisnis an kayaknya penting tuh
    tapi kalo cuma ubtuk hahaha hihi
    ga terlalu perlu2 amat deh Sob

    BalasHapus
  38. untuk blog yang dimaksudkan untuk menambang duit dari internet, SEO itu wajib hukumnya. Alangkah senangnya blogger jika pagerank mereka tinggi.

    BalasHapus
  39. masih bingung dengan yang namanya seo

    BalasHapus
  40. @ruri
    SEO emang susah dipelajari, langsung praktik aja. mulailah dari hal-hal kecil. blog ini juga masih sedikit tersetuh SEO. masih awam. namun trus belajar memahami SEO. ^-^

    BalasHapus
  41. Saya sudah menerapkan SEO, tetapi mengapa pagerank saya turun..??

    BalasHapus
  42. kalo kata gw sih SEO itu perlu, karena dengan seo pengunjung kita tambah banyak, kalo pengunjung tambah banyak klik iklan juga tambah banya, kalo klik iklan tambah banyak,,, berarti uang kita juga tambah banyak,,, hehehe. (blogger matre)

    BalasHapus
  43. Seo untuk blog sangat bermanfaat untuk mendatangkan kunjungan ke situs kita.

    BalasHapus

 
Copyright © 2013 Blog Komputer Internet dan Motivasi
Design by FBTemplates | BTT