Find Us On Facebook

BREAKING

16 November 2007

Spam Part I

Progam anti-spam
Program anti-spam mampu untuk mendeteksi e-mail yang tidak diinginkan atau spam dan mencegahnya sampai pada mailbox Anda. Program-program ini menggunakan kombinasi dari metode-metode yang bisa mengambil keputusan apakah suatu e-mail itu adalah spam atau bukan. Program-program ini dapat:

  • Memblokir e-mail yang datang dari alamat yang ada dalam daftar blacklist. List ini bisa tersedia secara komersial atau juga sudah ada di lokal yang berasal dari spam sebelumnya.
  • Memeriksa apakah suatu e-mail datang dari suatu domain yang valid dan terpercaya. Spammer seringkali menggunakan alamat palsu dalam menghindari program anti-spam.
  • Melihat keyword atau frase yang biasanya ada dalam suatu e-mail spam, seperti kata "credit card" atau "lose weight".
  • Melihat pola atau pattern dalam e-mail spam terhadap kata-kata yang dicurigai sebagai suatu spam, misalnya kata-kata "hardc*re p0rn".
  • Melihat kode HTML yang tidak lazim dalam e-mail. Spammer seringkali memanfaatkan kode HTML untuk menulis pesan spam agar tidak mudah terlacak oleh program anti-spam.

Program anti-spam mengkombinasikan semua informasi yang ada untuk memutuskan kemungkinan suatu e-mail adalah spam. Bila kemungkinannya sangat tinggi maka program anti-spam dapat memblokir e-mail tersebut atau bahkan menghapusnya secara otomatis. Anda juga bisa mengatur secara manual terhadap kemampuan program anti-spam dalam membasmi spam.

Program yang mampu belajar untuk mengetahui e-mail mana yang Anda inginkan
Beberapa program anti-spam bersifat adaptive yang maksudnya dia bisa belajar sendiri untuk menentukan e-mail yang spam atau bukan. Sebagai contoh, suatu perusahaan farmasi meng-install program anti-spam. Pada saat pertama maka program tersebut akan berusaha mengenali e-mail spam berdasarkan e-mail yang mengandung kata-kata seperti credit, free, consolidate, debt, mortgage, drugs, prescription, medication dan doctor misalnya. Program tersebut akan memblokir e-mail yang mengandung banyak kata-kata tersebut tetapi juga memperbolehkan user individual untuk menerima e-mail yang mereka mau terima.

Misalnya orang pada bagian riset memang sering menerima e-mail bukan spam yang mengandung kata drugs dan mereka meminta bahwa e-mail tersebut harus dianggap bukan spam. Disini program anti-spam bisa belajar secara otomatis bahwa orang yang sering menerima e-mail yang mengandung kata drugs, maka e-mailnya akan dianggap sebagai bukan spam. Dilain pihak, misalnya orang di bagian keuangan, sering menerima e-mail yang mengandung kata debt dan memang itu bukan spam, maka program anti-spam akan tetap meloloskan e-mail yang mengandung kata-kata yang berbau keuangan seperti debt, mortgage dan lain sebagainya.

Apakah mungkin program anti-spam akan memblokir e-mail yang bukan spam?
Banyak pengguna merasa khawatir karena program anti-spam akan menghapus e-mail personal Anda atau bahkan e-mail penting Anda. Pada dasarnya e-mail Anda akan aman dan bahkan Anda bisa mengatur untuk melihat e-mail yang sudah dianggap spam oleh program anti-spam.

Program anti-spam bisa sangat akurat dalam menyeleksi e-mail yang spam atau bukan. Itu semua berdasarkan atas metode yang tepat dalam menentukan suatu e-mail adalah spam. Bahkan jika Anda merasa tidak yakin juga, Anda bisa meletakkan daftar e-mail yang dianggap oleh program anti-spam ke dalam suatu area karantina dan tidak akan dihapus. Andalah nantinya yang akan menentukan apakah e-mail dalam karantina tersebut bisa dihapus atau tidak. Beberapa program anti-spam membolehkan e-mail yang sudah dikarantina tadi untuk dikembalikan menjadi e-mail yang bukan spam.

Saya ingin spam!
Spam terkadang dianggap perlu bagi sebagian orang. Contohnya, orang-orang yang bekerja di bidang keuangan terkadang perlu melihat interest rate yang diberikan oleh perusahaan lain melalui e-mail. Atau suatu perusahaan software ingin memonitor apakah software-nya dibajak dan ini bisa diketahui melalui e-mail spam yang menjual software-software bajakan. Untungnya Anda bisa mengatur program anti-spam Anda sehingga Anda bisa menerima e-mail yang sesuai dengan keinginan Anda.


Type rest of the post here

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.

1 komentar:

 
Copyright © 2013 Blog Komputer Internet dan Motivasi
Design by FBTemplates | BTT